PENYULUHAN FRAKTUR (PATAH TULANG) PROGRAM STUDI NERS DI SMK NEGERI 8 MEDAN

Medan, 28 November 2019

Mahasiswa Program Studi Ners Universitas Sari Mutiara Indonesia melakukan pengabdian masyrakat di SMK Negeri 8 medan Jl. Dokter Mansyur dengan melakukan penyuluhan tentang pertolongan pertama pada korban patah tulang, dengan tujuan agar siswa/i dapat memahami bagaimana pertolongan pertama pada korban patah tulang. Dalam kegiatan ini mahasiswa/i berjumlah 11 orang yang didampingi oleh Kaprodi Ners Ns. Rinco Siregar, S.Kep, MNS dan Ns. Masri Saragih, S.Kep, M.Kep  memberikan informasi bgaimana cara melakukan pertolongan pertama pada korban yang mengalami patah tulang. Selain itu siswa/i diajarkan dengan melakukan praktek/simulasi memberikan pertolongan pertama pada korban yang mengalami patah tulang.

 

Alat gerak yang terdiri dari tulang, sendi, jaringan ikat dan otot pada manusia sangat penting. Setiap cedera atau gangguan pada sistem ini akan mengakibatkan terjadinya gangguan pada pergerakan seseorang. Patah tulang atau dengan bahasa medis di sebut fraktur, di definisikan berupa terputusnya jaringan tulang, baik seluruhnya atau hanya sebagian.Patah tulang digolongkan menjadi 2 macam, yaitu fraktur tertutup dan fraktur terbuka. Pada patah tulang tertutup, tulang yang patah tidak sampai keluar melewati kulit. Sedangkan pada patah tulang terbuka, sebagian atau keseluruhan tulang yang patah terlihat menembus kulit. Kasus ini dapat berbahaya karena korban kemungkinan akan kehilangan banyak darah dan rawan infeksi.

Siswa/i SMK Negeri 8 Medan sangat antusias dengan adanya pelatihan pertolongan pertama pada korban patah tulang, waktu pelaksanaan pertolongan pertama pada korban patah tulang selama1 jam dengan memberikan evaluasi kepada siswa/i tentang pertolongan pertama pada korban patah tulang, peserta juga banyak meberikan pertanyaan bagimana hal hal apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan pertolongan pertama pada korban yang mengalami patah tulang.

Kegiatan ini juga merupakan realisasi dari Praktik Lapangan mata kuliah Keperawatan Kritis yang di inisiasi oleh dosen pengampu mata kuliah yaitu : Ns. Johansen Hutajulu, AP, S.Kep, M.Kep, Ns. Agnes Silvina Marbun, S.Kep, M.Kep, Ns. Amila, S.Kep, M.Kep, Sp.KepMB dan Ns. Janno Sinaga, S.Kep, M.Kep, Sp.KMB.

 

Redaksi

Ns. Johansen Hutajulu, AP, S.Kep, M.Kep

Bagikan ke Sosial Media

Tags: