PENYULUHAN BANTUAN HIDUP DASAR (BHD) DI SMK KESEHATAN SENTRA MEDIKA MEDAN JOHOR

Dalam memberikan bantuan hidup dasar, bisa kita berikan dengan beberapa teknik, yang pertama yaitu Aman. Amankan diri, lingkungan dan pasien. Amankan diri dengan memakai APD yang bisa digunakan saat itu. Kemudian amankan lingkungan, batasi daerah penyelamatan dan mengamankan orang sekitar. Yang terkahir amankan pasien, tempatkan pasien di tempat yang rata datar dan keras.  Langkah selanjutnya C, Cek respon korban dengan menepuk bahu korban dan memanggil korban. Bila korban merespon panggilan, maka posisikan korban di posisi recovery. Check nadi dan nafas setiap 2 menit.  Bila korban merespon panggilan, maka posisikan korban di posisi recovery. Check nadi dan nafas setiap 2 menit. Bila tidak ada respon dari korban,  (aktifkan system kegawat daruratan) segera panggil bantuan untuk mengaktifkan system kegawatdaruratan rumah sakit (code blue) dengan menyebutkan “ Code blue, nama, jabatan, identifikasi korban, lokasi dan keadaan korban” contoh : “ Code blue, code blue saya dengan Putra perawat IGD menemukan pasien laki laki 40 tahun di depan apotek dengan keadaan pingsan.

Universitas Sari Mutiara Indonesia, yang merupakan kampus yang cerdas dan kreatif akhirnya melakukan penyuluhan di SMK Kesehatan Sentra Medika Medan Johor dengan Tema Bantuan Hidup Dasar. Aksi Penyuluhan ini di pimpin langsung oleh Ns. Henny Syafity, S.Kep, M.Kep  dan Ns. Rumondang Gultom, S.Kep, MKM selaku dosen pendamping. Aksi penyuluhan ini di ikuti oleh seluruh mahasiswa mahasiswi S1 Keperawatan tingkat IV. Aksi penyuluhan ini di adakan pada hari Kamis, 28 November 2019 di SMK Kesehatan Sentra Medika Medan Johor.

Kegiatan penyuluhan ini mendapatkan dukungan positif dari Pemilik Yayasan, Kepala Sekolah, serta guru-guru di SMK Kesehatan Sentra Medika Medan Johor. Para mahasiswa yang melakukan penyuluhan ini dapat dengan cepat menjalin hubungan baik dengan siswa siswi disana. Di balik itu semua, ternyata banyak para siswa siswi yang tidak tahu tentang Bantuan Hidup Dasar. Dengan kedatangan mahasiswa mahasiswi Universitas Sari Mutiara Indonesia akhirnya mereka mengetahui berbagai hal tentang Bantuan Hidup Dasar.

Kegiatan penyuluhan ini berlangsung dengan sangat baik dari awal hingga akhir. SMK Kesehatan Sentra Medika Medan Johor juga menyambut para mahasiswa mahasiswi serta para dosen dengan sangat baik dan hangat. Bahkan pihak sekolah meminta agar para mahasiswa mahasiswi sering melakukan penyuluhanl di sekolah tersebut.

Kegiatan ini juga merupakan realisasi dari Praktik Lapangan mata kuliah Keperawatan Kritis yang di inisiasi oleh dosen pengampu mata kuliah yaitu : Ns. Johansen Hutajulu, AP, S.Kep, M.Kep, Ns. Agnes Silvina Marbun, S.Kep, M.Kep, Ns. Amila, S.Kep, M.Kep, Sp.KepMB dan Ns. Janno Sinaga, S.Kep, M.Kep, Sp.KMB.

 

Redaksi

Ns. Johansen Hutajulu, AP, S.Kep, M.Kep

Bagikan ke Sosial Media

Tags: